Senin, 04 April 2011

Mengakses File Tersembunyi dengan Google Chrome dan Opera

Windows Explorer mungkin menjadi aplikasi yang sering kita gunakan ketika ingin mengakses atau melihat-lihat file/folder. Tetapi ketika komputer bermasalah (terkena virus atau sejenisnya) atau karena akses terbatas (dibatasi) dan kita ingin melihat file-file yang tersembunyi kadang tidak bisa kita akses. Ternyata menggunakan web browser Google Chrome dan Opera, kita bisa mengakses file/folder di windows yang tersembunyi ini.

Tips ini bermanfaat misalnya ketika komputer tidak bisa di install software tambahan atau ketika di warnet dan kita tidak bisa mengakses drive atau folder tertentu yang di sembunyikan. Dengan Internet Explorer atau Mozilla Firefox, file atau folder hidden tidak bisa ditampilkan.

Seperti terlihat diatas, di mozilla firefox, folder atau file-file yang tersembunyi tidak tampak, tetapi ketika menggunakan Google Chrome, file-file dan folder yang tersembunyi bisa ditampilkan :

Hal ini juga bisa kita lakukan dengan web browser Opera :

Untuk melihat-lihat file atau folder, ketikkan Drive letter di alamat URL di google chrome atau Opera. Misalnya mengakses drive C, ketikan saja : C:

Kita bisa membuka folder-folder dan melihat isinya, termasuk mengakses file, tetapi file/folder yang ditampilkan tidak bisa di hapus melalui web browser tersebut, meskipun bisa saja di copy ( klik kanan dan pilih save as). Jika ingin menggunakan software untuk mencari file-file hidden, menghapus dan mengganti atributnya bisa menggunakan program kecil yang sebelumnya pernah saya buat Hidden File Tool.
ebsoft via Raymond.cc

Thanks

http://ebsoft.web.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar