Minggu, 20 Maret 2011

Ciri-Ciri Baterai BIOS habis

Ciri-Ciri Baterai BIOS habis

Komputer memiliki banyak perangkat yang membutuhkan aliran listrik. Salah satunya Chip BIOS (Basic Input Output System, cip ini biasanynya menempel pada MOBO (motherboard) yang biasanya di beri sticker hologram diatasnya.

BIOS ini berisi settingan semua perangkat komputer. Sehingga fungsi dari BIOS sangantlah penting untuk menentukan kinerja dari komputer. Untuk itu settingan di BIOS ini jangan sampai berubah-ubah jika ingin menginginkan kinerja yang stabil (jika anda sudah mengerti sih tidak masalah).

Sekarang bagaiman jika tiba-tiba komputer anda sudah lama tidak menyala dan ketika dinyalakan tiba-tiba settingan jam anda berubah dan tidak sesuai dengan jam saat ini .

Jika Baterai BIOS anda sudah habis biasaanya akan terjadi berikut :
   # Settingan jam ngawur, tidak mengikuti jam yang sekarang (kondisi kembali ke kondisi semula)
  #  Biasannya jika sebelum masuk loading windows akan muncul  informasi setup ulang pada BIOS, dan anda harus menekan tombol yang diinginginkan pada informasi tersebut untuk mensetup BIOS dan melanjutkan loading windows dengan kondisi BIOS masih dalam keadaan default.
  # Jika BIOS sudah disetting dan anda mematikan komputer dan didiamkan selama beberapa menit saja
dengan konsidi kabel power tidak menancap pada listrik). Dan ketika dinyalakan kembali settingan jam tersebut akan kembali seperti semula.

Jika ciri-ciri diatas tepat, maka bisa dipastikan baterai BIOS anda sudah habis disarankan segera mengganti dengan yang baru.

catatan : Biasanya baterai BIOS bentuknya bulat dan typenya CR2032
 Semoga bermanfaat 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar